5 W 1 H
INTEROGASI
1.
Pengertian.
a.
Interogasi adalah suatu cara melancarkan pertanyaan-pertanyaan secara
langsung kepada seseorang individu yang sifatnya resmi dan sistimatis dalam
rangka mengorek informasi yang diperlukan.
b.
Interogator adalah orang yang melakukan interogasi terhadap seseorang
yang diduga memiliki informasi yang diperlukan dalam rangka pengusutan.
c.
Sumber/sasaran adalah orang yang akan diinterogasi yang diduga memiliki
informasi yang diperlukan.
2.
Prinsip-prinsip Interogasi.
a.
Mempunyai tujuan yang pasti.
1)
Interogator harus mencegah orang yang akan diinterogasi
menyadari tujuan interogasi yang sebenarnya.
2)
Setiap interogasi
harus dilakukan untuk tujuan yang pasti.
b.
Berinisiatif tinggi. Inisiatif dalam setiap interogasi
harus berada ditangan interogator selama interogasi berlangsung.
c.
Keakuratan Informasi.
Interogator jangan menerima semua informasi sebagai kebenaran.
d.
Larangan mengunakan kekerasan. Penggunakan kekerasan,
penyiksaan mental, ancaman, penghinaan dan pemaparan perlakuan yang tidak
menyenangkan dan tidak menguntungkan sebagai alat bantu interogasi jangan
digunakan karena lebih banyak ruginya dari pada untungnya.
e.
Security.
1)
Disebabkan kedudukannya, maka interogator memiliki banyak
informasi berklasifikasi.
2)
Interogator harus terus menerus waspada bahwa tugasnya
memperoleh informasi dan bukan mengutarakannya kepada orang yang diinterogasi.
f.
Flaksibel/luwes dalam mengunakan prinsip-prinsip
interogasi. Interogator harus menyesuaikan dirinya dalam penggunaaan
prinsip-prinsip interogasi.
g.
Menggunakan Psikologi.
Interogator harus mampu memutuskan apakah orang yang diinterogasi cerdas
atau kurang cerdas, berpendidikan atau tidak berpendidikan atau bekerjasama,
jujur atau penipu.
h.
Mengontrol Interogasi.
Sukses atau gagalnya introgasi tergantung kepada kemampuan interogator
menciptakan dan memelihara pengontrolan dengan menggunakan psikologi dan akal
sehat terhadap situasi yang dihadapi.
i.
Menggunakan tehnik pertanyaan yang tepat.
1)
Interogator mempunyai pengaruh atas reaksi orang yang
diinterogasi.
2)
Interogator harus menggunakan pertanyaan langsung pada
masalahnya dan sederhana yang didasarkan pada 6 (enam) pertanyaan dasar SIADI
DEMEN BABI= SIAPA, DIMANA, DENGAN SIAPA, MENGAPA, BAGAIMANA, BILAMANA.
j.
Memperoleh informasi secara menyeluruh.
1)
Sukses memperoleh semua informasi yang diinginkan
tergantung pada eksplorasi terhadap setiap rincian dalam kerangka setiap
interogasi.
2)
Setiap
petunjuk harus dieksplorasi, tidak ada
rincian yang tidak penting dan bukti yang kelihatannya tidak penting mungkin memberikan pemecahan
untuk pengusutan khusus.
3.
Syarat-syarat Interogator.
a.
Berkepribadian dan berwibawa.
b. Selalu waspada.
b.
Dapat menguasai diri.
c.
Sabar, tekun dan bijaksana.
d.
Berhasrat, berkeinginan dan bersemangat.
4.
Tehnik-tehnik interogasi.
a.
Berbagai tehnik pendekatan yang dapat digunakan dan hanya
dibatasi oleh imajinasi, pengalaman dan inisiatif serta kecerdasan interogator.
b.
Tehnik interogsi yang telah terbukti efektif adalah :
1) Tehnik pendekatan langsung.
2) Tehnik file dan dosir.
3) Tehnik kami mengetahui seluruhnya.
4) Tehnik sia-sia
bertahan.
5) Tehnik pertanyaan bertubi-tubi.
6) Tehnik insentif.
7) Tehnik berulang-ulang.
8) Tehnik kawan dan musuh.
9) Tehnik kebanggaaan dan ego.
10) Tehnik diam.
11) Tehnik perubahan suasana.
12) Tehnik buktikan identitas.
13) Tehnik emosional.
5.
Macam-macam Interogasi.
a. Interogasi Security
1)
Sasaranya
adalah orang sendiri yang akan menjabat jabatan penting.
2)
Sasarannya adalah orang sendiri yang sudah menjabat jabatan
rahasia.
3)
Bertujuan untuk mengumpulkan bahan keterangan (Baket)
sebanyak-banyaknya dari sumber sehingga dapat diketahui kelemahannya.
c.
Interogasi Loss Prevention.
1)
Sasarannya adalah orang yang melakukan kegiatan menjurus
kriminal atau kriminal.
2)
Bertujuan untuk kepentingan pengadilan atau diserahkan kepada
kepolisian.
3) Menentukan peraturan perusahaan yang
dilanggar.
4)
Memperkuat pembuktian/membantah informasi yang telah
diperoleh sebelumnya.
6.
Pengakhiran Interogasi.
d.
Sumber meninggal.
e.
Sumber sakit (dinyatakan dokter).
f.
Sumber diam dan membisu.
g.
Interogator kehilangan inisiatif.
e. Informasi yang didapat
sudah memenuhi target.
Konsep 5W+1H Dalam Menjalankan Perencanaan Usaha (Business Plan)
Kita biasa mengenal konsep 5W+1H dalam istilah jurnalistik. Pedoman ini biasa digunakan para wartawan dalam menggali sumber berita. Konsep 5W+1H ini bisa juga diterapkan dalam ranah pengembangan usaha yang akan dijalankan oleh seseorang. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan usaha adalah dengan berpedoman pada 5W+1H, sebagai berikut :
1. What? (apa?)
maksudnya rencana apa yang ingin kita lakukan:
- Jenis usaha apa yang ingin kita lakukan?
- Apakah bidang usaha yang kita inginkan?
- Apakah bentuk usaha yang kita inginkan?
- Apakah maksud yang ingin/akan kita capai?
- Apakah sasaran yang ingin/akan kita capai?
- Apakah tujuan yang ingin/akan kita capai?
2. Where? (di mana?)
- Di mana tempat/lokasi usaha yang akan kita dirikan?
- Apakah hanya terfokus satu tempat, dua tempat, ataukah beberapa tempat?
- Apakah kita akan melakukan usaha di tempat real (toko konvensional) atau online shop?
3. When? (kapan?)
- Kapan operasional usaha tersebut mulai dikerjakan dan sampai kapan berakhirnya?
4. Who? (siapa?)
- Berapa jumlah personil/SDM yang kita butuhkan?
- Dari mana dan bagaimana penjaringan (merekrut) personil-personil tersebut?
- Siapa-siapa orangnya yang menurut kita cocok dan pantas serta dapat diajak kerja sama dalam menjalankan usaha kita nanti?
- Keterampilan apa yang kita perlukan dari personil tersebut?
5. Why? (mengapa?)
- Mengapa jenis usaha tersebut yang kita pilih?
- Mengapa bidang usaha ini yang dipilih?
- Bagaimana prospek masa depan usaha ini?
- Berkaitan dengan nama, mengapa nama tersebut kita pilih? Apakah nama ini sudah cocok, atau mungkin bisa dicari nama lain?
- Mengapa maksud, sasaran, dan tujuan usaha ini sedemikian rupa, apa sudah cocok?
- Mengapa lokasi usaha di daerah pasar/pusat perbelanjaan? Mengapa hanya satu tempat?
- Mengapa operasional usaha ini baru bisa dimulai tahun depan? Kenapa tidak segera saja dimulai?
6. How? (bagaimana?)
Pertanyaan ini menunjukkan cara, metode, teknik, dan prosedur kerja yang akan dikerjakan.
- Usaha yang akan kita kerjakan apakah menggunakan teknik tradisional, modern, atau campuran (semi modern)?
- Usaha yang akan kita kerjakan apakah bersifat padat modal atau padat karya?
Silakan ragam pertanyaan tersebut Anda jawab sendiri atau dengan tim. Sebagai bahan pelengkap, bisa dipadukan dengan analisis SWOT dalam usaha.
Pada penulisan berita mengandung unsur- unsur 5W + 1H.
a) Who (siapa)
Merupakan pertanyaan yang akan mengandung fakta yang berkaitan dengan setiap orang yang terkait langsung atau tidak langsung dengan kejadian. Disni akan terliha, nama-nama yang terlasuk dalam lingkup berita yang seadang dibicarakan.
b) What (apa)
Merupakan pertanyaan yang akan menjawab apa yang terjadi dan akan mendorong wartawan untuk mengumpulkan fakta yang berkaitan dengan hal-hal yang dilakukan oleh pelaku maupun korban dalam suatu kejadian.
c) Why (mengapa)
Akan menjawab latar belakang atau penyebab kejadian. Meski jarang, why bisa dipakai untuk membuka sebuah berita atau menjadi lead berita.
d) Where (dimana)
Menyangkut tempat kejadian. Tempat kejadian bisa tertulis detail atau hanya garis besarnya saja. Biasanya, bila berita berasal dari tempat terkenal, maka penulisannya tidak terlalu mendetail.
e) When (Bilamana)
Menyangkut waktu kejadian. Waktu yang tertera tidak sebatas tanggal, tapi dapat ditulis hari, jam, bahkan menit saat berlangsung sebuah kejadian.
f) How (bagaimana)
Akan memberikan fakta mengenai proses kejadian yang diberikan. Bisa menceritakan alur kejadian bahkan suasana saat suatu kejadian yang diberitakan tengah berlangsung.
Dari keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar. Berita memiliki daya tarik, aktual dan akurat dan atau dianggap penting bagi sebagian besar penduduk dan diterbitkan melalui media berkala. Berita yang ditulis, sebaiknya memuat struktur berita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar