Jumat, 03 Juni 2016

PROPTAP DELIVERY

 PROTAP DELIVERY BARANG-BARANG ELEKTRONIK


1.            Departemen Manager/Team Leader (TL) elektronik harus lebih dulu mengecek semua bon penjualan kepada customer, sebelum dilakukan transaksi di kassa dan penulisan bon penjualan dan transaksi di kassa sebagai berikut :
a.            Barang layanan antar dan bawa sendiri, tidak boleh digabung dalam 1 bon penjualan walaupun customer sama (barang layanan antar ditulis pada satu bon penjualan dan barang bawa sendiri ditulis pada bon penjualan yang lain) serta transaksi di kassa juga harus terpisah (2 struk penjualan) dan tidak boleh disatukan.
b.            Setelah bon penjualan layanan antar divalidasi di kassa, maka kasir menyerahkan bon penjualan warna kuning kepada customer (Pada saat delivery, sopir/helper angkutan menyerahkan bon penjualan putih kepada customer dan mengambil bon penjualan warna kuning dari customer), bon penjualan  hijau diambil kasir untuk arsip Finance, kemudian kasir memasukkan bon penjualan warna putih, biru dan merah ke dalam kotak delivery.
c.            Sesudah bon penjualan bawa sendiri divalidasi di kassa, bon penjualan warna putih diberikan kepada customer, bon penjualan warna hijau diambil oleh kasir untuk arsip Finance, bon penjualan biru, kuning dan merah dimasukkan kedalam kotak arsip penjualan Staff elektronik.
2.            Sebelum mengetik list pengiriman barang pelanggan, Departement Manager/TL elektronik melakukan pengecekan sebagai berikut :
a.            Mengecek bon penjualan putih di dalam kotak delivery.(Misalnya ada bon penjualan warna biru pada kotak delivery, tetapi tidak ada bon penjualan warna putih, maka barang yang tertulis pada bon penjualan biru tersebut tidak boleh dimasukkan kedalam list pengiriman barang pelanggan).
              b.            Mengecek pada bon penjualan putih apakah pada kolom layanan antar (di kiri atas) telah diberi tanda rumput. Jika dalam bon penjualan warna putih pada kolom layanan antar, tidak diberi tanda rumput, maka barang yang tertulis pada bon penjualan putih tersebut, tidak boleh dimasukkan kedalam list pengiriman barang penaggan.
  c.              Pada bon penjualan putih telah divalidasi biaya layanan antar.  (kalau pada bon penjualan warna putih belum divalidasi biaya layanan antar, maka barang yang tertulis pada bon penjualan tersebut tidak boleh dimasukkan dalam list pengiriman barang pelanggan.
3.            Setelah memenuhi ke tiga persyaratan tersebut di atas, maka Dept Manager/TL elektronik membubuhkan tanda tangan dan nama di sebelah kanan bawah dari bon penjualan putih, sebagai tanda disetujui bahwa barang yang tertulis dalam bon penjualan putih tersebut dimasukkan ke dalam list pengiriman barang pelanggan.
4.            Staff elektronik membuat/mengetik list pengiriman barang pelanggan sesuai bon penjualan putih yang telah ditandatangani oleh Dept Manager/TL elektronik, kemudian list pengiriman barang pelanggan tersebut diserahkan kepada Dept. Manager/TL elektronik untuk dilakukan pengecekan kembali (recheck).
5.             Apabila pembuatan list pengiriman barang pelanggan telah benar, maka  Dept Manager/TL Elektronik membubuhkan tanda tangan dan nama  di bawah kolom deskripsi barang terakhir pada list pengiriman barang pelanggan.
6.            List pengiriman barang pelanggan diserahkan kepada Staff gudang elektronik, kemudian barang dikeluarkan dari gudang elektronik dan membawanya ke Ekpedisi sesuai list pengiriman barang pelanggan, selanjutnya Staff gudang  menandatangani dan menulis nama pada di kolom Staff gudang elektronik pada list pengiriman barang pelanggan.
7.            Dept Manager/TL Elektronik melakukan pengecekan lagi (Check again) semua barang elektronik yang akan didelivery  jika semuanya telah benar, maka menandatangani dan menulis nama di kolom Dept. Manager/TL elektronik pada list pengiriman barang pelanggan.
8.            TL Ekspedisi, TL LP dan MOD melakukan pengecekan terakhir semua barang elektronik yang akan di delivery, setelah semuanya lengkap dan benar, maka TL Ekpedisi, TL.LP dan MOD menandatangani list pengiriman barang pelanggan.
9.            Selanjutnya TL ekspedisi melakukan serah terima semua barang elektronik yang akan didelivery kepada pengemudi kendaraan  di loading dock untuk pelaksanaan delivery.

10.         Demikian Protap delivery barang-barang elektronik  ini dibuat (Motto Check and recheck and check again) dengan maksud untuk dipedomani dan dilaksanakan serta dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan pada saat delivery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar