PROTAP DELIVERY BARANG-BARANG ELEKTRONIK
1.
Departemen Manager/Team Leader
(TL) elektronik harus lebih dulu mengecek semua bon penjualan kepada customer,
sebelum dilakukan transaksi di kassa dan penulisan bon penjualan dan transaksi
di kassa sebagai berikut :
a.
Barang layanan antar dan bawa sendiri, tidak boleh digabung
dalam 1 bon penjualan walaupun customer sama (barang layanan antar ditulis pada
satu bon penjualan dan barang bawa sendiri ditulis pada bon penjualan yang
lain) serta transaksi di kassa juga harus terpisah (2 struk penjualan) dan
tidak boleh disatukan.
b.
Setelah bon penjualan layanan antar divalidasi di kassa,
maka kasir menyerahkan bon penjualan warna kuning kepada customer (Pada saat
delivery, sopir/helper angkutan menyerahkan bon penjualan putih kepada customer
dan mengambil bon penjualan warna kuning dari customer), bon penjualan hijau diambil kasir untuk arsip Finance,
kemudian kasir memasukkan bon penjualan warna putih, biru dan merah ke dalam
kotak delivery.
c.
Sesudah bon penjualan bawa sendiri divalidasi di kassa, bon
penjualan warna putih diberikan kepada customer, bon penjualan warna hijau
diambil oleh kasir untuk arsip Finance, bon penjualan biru, kuning dan merah
dimasukkan kedalam kotak arsip penjualan Staff elektronik.
2.
Sebelum mengetik list pengiriman barang pelanggan,
Departement Manager/TL elektronik melakukan pengecekan sebagai berikut :
a.
Mengecek bon penjualan putih di dalam kotak
delivery.(Misalnya ada bon penjualan warna biru pada kotak delivery, tetapi
tidak ada bon penjualan warna putih, maka barang yang tertulis pada bon
penjualan biru tersebut tidak boleh dimasukkan kedalam list pengiriman barang
pelanggan).
b.
Mengecek pada bon penjualan putih apakah pada kolom
layanan antar (di kiri atas) telah diberi tanda rumput. Jika dalam bon
penjualan warna putih pada kolom layanan antar, tidak diberi tanda rumput, maka
barang yang tertulis pada bon penjualan putih tersebut, tidak boleh dimasukkan
kedalam list pengiriman barang penaggan.
c.
Pada bon penjualan putih telah divalidasi biaya layanan
antar. (kalau pada bon penjualan warna
putih belum divalidasi biaya layanan antar, maka barang yang tertulis pada bon
penjualan tersebut tidak boleh dimasukkan dalam list pengiriman barang
pelanggan.
3.
Setelah memenuhi ke tiga persyaratan tersebut di atas, maka
Dept Manager/TL elektronik membubuhkan tanda tangan dan nama di sebelah kanan
bawah dari bon penjualan putih, sebagai tanda disetujui bahwa barang yang tertulis dalam bon penjualan putih
tersebut dimasukkan ke dalam list pengiriman barang pelanggan.
4.
Staff elektronik membuat/mengetik list pengiriman barang
pelanggan sesuai bon penjualan putih yang telah ditandatangani oleh Dept
Manager/TL elektronik, kemudian list pengiriman barang pelanggan tersebut
diserahkan kepada Dept. Manager/TL elektronik untuk dilakukan pengecekan
kembali (recheck).
5.
Apabila pembuatan list pengiriman
barang pelanggan telah benar, maka Dept
Manager/TL Elektronik membubuhkan tanda tangan dan nama di bawah kolom deskripsi barang terakhir pada
list pengiriman barang pelanggan.
6.
List pengiriman barang pelanggan diserahkan kepada Staff
gudang elektronik, kemudian barang dikeluarkan dari gudang elektronik dan
membawanya ke Ekpedisi sesuai list pengiriman barang pelanggan, selanjutnya
Staff gudang menandatangani dan menulis
nama pada di kolom Staff gudang elektronik pada list pengiriman barang
pelanggan.
7.
Dept Manager/TL Elektronik melakukan pengecekan lagi (Check again) semua barang elektronik
yang akan didelivery jika semuanya telah
benar, maka menandatangani dan menulis nama di kolom Dept. Manager/TL
elektronik pada list pengiriman barang pelanggan.
8.
TL Ekspedisi, TL LP dan MOD melakukan pengecekan terakhir
semua barang elektronik yang akan di delivery, setelah semuanya lengkap dan
benar, maka TL Ekpedisi, TL.LP dan MOD menandatangani list pengiriman barang
pelanggan.
9.
Selanjutnya TL ekspedisi melakukan serah terima semua barang
elektronik yang akan didelivery kepada pengemudi kendaraan di loading dock untuk pelaksanaan delivery.
10.
Demikian Protap delivery barang-barang elektronik ini dibuat (Motto Check and recheck and check again) dengan maksud untuk dipedomani
dan dilaksanakan serta dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan pada
saat delivery.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar